Blogsite Informasi Transparansi

Cara Bertanya Di Grup dan Forum

Cara Bertanya Di Grup dan Forum

http://khabaranunik.blogspot.com/
sumber gambar : khabaran unik
Pada Dasarnya Forum, Komunitas atau Grup merupakan sebuah perkumpulan atau serikat yang terhimpun dari berbagai kalangan ras, watak dan latar belakang yang diantaranya termasuk para lamer/newbi (Tahap Pemula) dan Masta/master (Menguasai bidang tertentu) dengan tujuan untuk mendiskusikan sebuah permasalahan yang kiat di hadapi dan mungkin memang ingin mengetahui lebih jelas ketika kita di ambang keragu-raguan, dengan inti pemecahan masalah terurai sebagai mana mestinya.

Namun dalam hal ini saya ingin menuliskan nya berdasarkan pengalaman dan pemikiran saya sendiri dari apa serta bagaimana sikap kita akan user/teman di forum yang menjadi panutan untuk memecahkan sebuah masalah, Berikut penjabaran singkat yang mungkin bisa anda fahami dan mesti anda ketahui. Antara lain sebagai berikut :

1. Patuhi Aturan

Tunduk pada sebuah aturan dan tatanan setiap organisasi, forum atau grup merupakan ketentuan yang memang sudah menjadi faktor utama dan hal menyusuaikan keadaan nya. Karena tanpa aturan dan ketentuan, semua nya sia-sia. Maka dalam hal ini adakalanya mematuhi aturan dari sebuah forum atau grup adalah cara yang paling penting, dengan begitu tingkat kedisiplinan akan

2. Perkenalkan Diri Anda

Jika berkenan cobalah untuk tidak menutupi identitas anda, setidak-tidaknya teman atau para user lain tahu bahwa anda berasal dari daerah mana dan memang ingin belajar atau ingin memecahkan masalah yang kian membuat anda bingung bahkan tak berujung, karena inti sebuah forum memang tempat untuk berkompromi dan memecahkan masalah.

3. Jaga Sikap/Sopan Santun

Mengimbangi sebuah pertanyaan tentunya dengan sebuah jawaban, Nah, menurut saya jika anda mengajukan sebuah pertanyaan dan mendapatkan sebuah jawaban sebaiknya di puas-puasin saja, Lho kok begitu..., eiiiitsss..., jangan salah faham dulu..., maksud saya disini di puasin jawaban nya untuk 1 user tersebut yang memberikan jawaban, jika kurang faham maka anda berhak menanyakannya kembali, karena nanti pasti ada user atau teman lain nya yang akan memberikan pendapatnya. Bahkan pada umumnya, Admin lebih bertanggung jawab akan pertanyaan anda, setidak-tidak ia mencoba untuk berkonsultasi dengan user-user yang lain, dan hargai juga akan jawaban yang anda peroleh sebelumnya dengan berterimakasihlah kepada user sebelumnya jika anda mendapatkan jawaban selanjut nya, karena telah berpartisipasi akan pertanyaan anda.

4. Lakukan Pendekatan/Silaturrahim

Pada umumnya sebuah Forum atau Grup itu di falisitasi area chating untuk bersenda gurau. Nahhh.., dari situ menurut saya perlu anda coba untuk melakukan sapa atau salam, karena ada pribahasa lama mengatakan " Tak Kenal Maka Tak Sayang" dengan begitu anda akan semakin akrab dan saya rasa akan lebih baik pula hubungan antara anda dan user-user lainnya.

5. Siap di Caci Maki/Resiko

Jika ingin belajar maka saya sarankan jangan anda hiraukan tentang yang namanya caci maki.., karena itu merupakan hal yang lumrah di kalangan para user (seperti saya). Mungkin dengan saya menuliskan nya semakin memperjelas bahwa anda sudah pernah merasakan pengalaman yang satu ini, secara saya yang masih belajar juga sering merasakan hal yang begitu. Ada baiknya untuk hal semacam ini anda mawas diri, kiat-kiat ihklas dan introspeksi, dengan apa yang mereka katakan..., jangan kan di Forum dirumah aja juga di marahi...!
Intinya anda belajar dan jangan mudah tersinggung akan hal begitu, dengan begitu ilmu yang anda peroleh akan lebih baik, Emosi dan amarah hanya akan memperkeruh keadaan yang terkadang tanpa kita sadari.

Semua Hal..., Baik Dalam Penulisan atau Salah Kata..., Mohon Di Kritik atau Saran Yang Membangun kiranya.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sudirman Abdullah Dekman, Published at 2/25/2013 06:16:00 AM and have 4 komentar

4 komentar:

= Please Kawan, Jangan OOT Komentarnya.
= Mohon Jangan Semat Link Url Atau Sejenis Nya.
= Follow Me | FollBack