Blogsite Informasi Transparansi

Mengoreksi Jiwa Yang Cendrung Ingin Berbangga.

Mengoreksi Jiwa Yang Cendrung Ingin Berbangga.

khabaran unik

Khabaran Unik | Jiwa itu, jika melihat pemiliknya melakukan pekerjaan dengan baik serta berbicara dengan menarik dan bagus, atau bahkan memiliki kreatifitas dalam berkarya. Maka akan muncul didalam nya rasa takjub dan membanggakan diri, padahal kita tahu bahwa Tuhan (Allah) menghendaki kebaikan pada diri seseorang hamba-Nya, maka dia menguji jiwa seseorang yang mengusik jiwanya, melenyapkan kesombongan nya dan bahkan mencabut pohon takjub darinya hingga akar-akarnya. sehingga kesalahan dan kekurangan akan menjadi rahmat baginya.
Oleh karena itu kita perlu berhati-hati kalau ujub dan bangga diri itu telah merasuki jiwa kita, seperti kata salah seorang cendikiawan muslim..., "berapa banyak ornag yang kita lihat memiliki ilmu yang luas, sangat cerdik, dan tutur katanya yang fasih, dia melihat karunia-karunia ini pada dirinya lantas membuatnya ujub, sombong, membanggakan diri sendiri, serta merenggut ketaqwaan dan keihklasannya. Diantara orang-orang yang beribadah, memiliki kekaguman terhadap diri sendiri, memandang dirinya lebih baik, serta meremehkan orang selain diri atau kelompoknya".

Perlu di perhatikan, sikap seperti ini ada baik anda harus dengan seksama melihat keadaan anda sendiri karena kelak akan menghancurkan diri sendiri, jika pun kita memiliki karunia sebagaimana yang menjadi ketentuan-Nya..., adakala nya kita juga harus bersikap mawas diri serta berupaya untuk selalu menghargai hidup, tetap merasa kurang dari apa pun yang perlu dibenahi tentunya. Bukan membuat kita kagum, atau bahkan menganggap diri lebih pantas dan lebih baik, kita semua harus selalu menyadarkan diri akan hal itu, kalau bukan karena karunia Tuhan (Allah) dan rahmat-Nya kepadamu,  niscaya tiada seorang pun di antara kamu yang bersih (dari perbuatan keji dan mungkar itu ) selama-lamanya." (QS. An Nur:21)

Kalau merasa lebih dekat kepada Tuhan (Allah swt) boleh jadi kita tahu kerap melakukan maksiat akan menyesal, bertaubat, menjauhi maksiat, dan kembali kepada Allah. Kalau kita merasa memiliki banyak kelebihan, bisa jadi orang yang terlihat lemah sesungguhnya memiliki potensi besar yang suatu saat akan menemukan momen ledaknya, sehingga ia lebih kuat dari kita. Bukankah karunia itu hanya milik Tuhan (Allah swt) semata..!? dialah yang memberi petunjuk, memilih, memberi serta memberi petunjuk memilih serta mengajari dalam memberi kesempatan maka reaksilah selalu diri kita dari kecendrungan untuk berbangga dari sesuatu yang kita miliki, agar kita tetap tetap menjaga kemulian.

Semoga bermanfaat Bagi Anda, Dan Mohon Informasi Jika Ada Yang Salah Dalam Tulisan Bait Kalimat Saya Ini....!

Baca Juga Artikel Sebelumnya....


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sudirman Abdullah Dekman, Published at 12/19/2012 02:27:00 AM and have 13 komentar

13 komentar:

  1. slamat mlm sobat trmksi bnyak,ni infonya genk

    BalasHapus
  2. Mampir Sejenak ya Gan Di Blog Mu Yang Ringan + Keren Ini....


    Jangan Lupa Mampir Ke Blog Saya...


    Salam Wong Sirau

    BalasHapus
  3. postingannya sangat bagus sekali sobat, banyak hal yg memang harus dilakukan pada diri kita untuk selalu introspeksi, memang kita tidak boleh sombong dan bangga dg kemampuan yg dimiliki,karena semua itu kepunyaan sang khalik, saya setuju dan suka banget dg postingan ini,banyak pelajaran yg didapat
    terima kasih sahabatku untuk berbagi

    BalasHapus
  4. iya betul bgt artikel ini.. ane baca jadi terharu gan..:'(

    BalasHapus
  5. kesimpulannya ga boleh sombong yah :)

    BalasHapus
  6. jazakallaahu khair sudah mengingatkan melalui tulisan ini, saudaraku :)

    BalasHapus
  7. Makasih ya infonya
    salam blogger
    mampir balik ya :)

    BalasHapus
  8. Artikelnya menarik dan sangat memotivasi

    BalasHapus
  9. bagus banget gan bahasanya

    BalasHapus
  10. hati memang selalu ingin
    ingin keindahan lahir batin ...

    BalasHapus
  11. wah setuju banget mas, mantap sherannya

    BalasHapus
  12. mantep banget sob artikelnya. oiya sob ijin tuker follow blog ya sob.
    saya dah follow blog sobat atas nama Kstiawan. ditunggu follow dan kunjungan baliknya..hehehe

    thanks sob dan salam kenal.

    BalasHapus

= Please Kawan, Jangan OOT Komentarnya.
= Mohon Jangan Semat Link Url Atau Sejenis Nya.
= Follow Me | FollBack