Blogsite Informasi Transparansi

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah Internet Indonesia

Khabaran Unik - Sejarah internet Indonesia | Dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Awal Internet Indonesia

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.

Internet Service Provider Indonesia
Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.

Sumber : http://id.wikipedia.org/


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sudirman Abdullah Dekman, Published at 11/07/2012 04:19:00 PM and have 17 komentar

17 komentar:

  1. Ikutan Kontes Seo yuk =))
    http://no-c0de.blogspot.com/2012/11/kontes-seo-no-c0de-free-for-all.html

    BalasHapus
  2. wah uni nih ceritanya sebagai pencetus...hebat hebat

    BalasHapus
  3. Sudah Saya Reviews Sob..
    Cek.

    http://www.alexa.com/siteinfo/khabaranunik.blogspot.com#
    Reviews Balik Ya..

    http://www.alexa.com/siteinfo/wongsirau.blogspot.com#

    BalasHapus
  4. Kunjungan Malam Sobat..

    Jangan Lupa Koment Back Ya....

    Klik Disini..

    Salam Blogwalker... :))

    BalasHapus
  5. Waaahhh..., keren ne Mas, tambah wawasan...! Visite back ya di Blog Walker Ane...!

    BalasHapus
  6. Wew Legendaris Internet Indo Ternyata Lahir Dari UI Ya

    Bravo..


    Jangan Lupa Koment Back Ya....

    Klik Disini..

    Salam Blogwalker... :))

    BalasHapus
  7. wah bagus nih artikelnya, ditunggu artikel barunya ... ^_^

    #comment back ya hihiihihih :)

    BalasHapus
  8. jadi rupanay UI ya yang pertamakali menggunakan internet di Indonesia,, :)

    BalasHapus
  9. kunjungan malam gan..wow..baru mengerti aku,ternyata Indonesia masih sangat muda dalam dunia internet..tengok blogku ya gan..terimakasih

    BalasHapus
  10. Kalau Sekarang internet di indonesia sudah meramba kemana-kemana ya..

    BalasHapus
  11. Mampir sob & ijin nyimak infonya.,

    informasi yang menarik.,
    Thanks.,

    BalasHapus
  12. siang gan, maaf mau tanya hubungannya dengan terdeteksinya mallware pada website saya oleh anvir juragan,anvir yang agan pakai apa ya? karena anvir yang saya gunakan produk microsoft : essential security dan windows defender tidak mendekteksinya.dan bagaimana cara membersihkan/membuang mallware tersebut?terimakasih

    BalasHapus
  13. Izin Singgah Di Blog Mu Yang Keren ini Ya Kawand..


    #Don't Forget Coment Back..

    BalasHapus
  14. info yang sangat bermanfaat, perlu belajar sejarah tentang internet di Indonesia

    BalasHapus

= Please Kawan, Jangan OOT Komentarnya.
= Mohon Jangan Semat Link Url Atau Sejenis Nya.
= Follow Me | FollBack