Blogsite Informasi Transparansi

10 Tips Menghemat Baterai Smartphone

10 Tips Menghemat Baterai Smartphone

Khabaran Unik - Tips Menghemat Batterai Smartphone | Telepon pintar atau smartphone saat ini menjadi kebutuhan primer dalam aktifitas sehari-hari, baik sebagai alat komunikasi, keperluan kerja, bermain game, melihat film, maupun merekam video. Namun ketika smartphone dapat melayani berbagai fungsi, kinerja baterai justru menurun. Untuk mengantisipasinya, berikut beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone:
  1. Mode Hemat Daya Smartphone Android dan Windows Phone | menyertakan fitur mode hemat daya atau baterai. Fitur tersebut umumnya terletak pada menu pengaturan (setting). Mode tersebut akan aktif setelah baterai mencapai level tertentu dan akan mematikan fitur yang boros baterai, seperti push email, intensitas kecerahan layar dan Facebook. Sayangnya Apple belum dilengkapi dengan fitur untuk menghemat daya atau baterai. Namun Apple memiliki aplikasi gratis, seperti Battery Life Pro untuk memonitor kinerja baterai dan mematikan aplikasi. 
  2. Tingkat Kecerahan Layar Layar | merupakan hal yang paling memboroskan baterai smartphone. Semakin besar dan cerah layarnya, semakin besar pula konsumsi baterai. Hematlah baterai dengan memilih kecerahan layar yang otomatis menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Jika baterai sudah hampir habis, tingkat kecerahan layar akan turun serendah mungkin untuk menghemat baterai. Pastikan kunci otomatis Anda berfungsi. Jadi ketika smartphone Anda sedang tidak digunakan, layar akan gelap untuk menghemat baterai. Wallpaper berwarna gelap juga membantu menghemat baterai. Jangan pasang telepon seluler Anda dengan mode getar, cukup silent (sunyi) saja. 
  3. Matikan Sinkronisasi Email Smartphone | mungkin memeriksa email setiap beberapa menit. Setiap kali hal itu dilakukan, konsumsi baterai akan meningkat. Ubahlah interval sinkronisasi email atau matikan sekalian. 
  4. Kurangi Update Media Sosial | Mendapatkan notifikasi update Facebook, Twitter dan email ke ponsel Anda akan menghabiskan baterai. Jadi lebih baik matikan notifikasi. Sebagian telepon mempunyai fitur mematikan notifikasi dengan satu kali klik. 
  5. Matikan koneksi Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth | ada pada hampir semua telepon seluler modern. Jika Anda lupa mematikan Wi-Fi saat meninggalkan rumah, maka telepon Anda akan terus mencari koneksi, dan hal tersebut menghabiskan baterai. Pastikan Anda mematikan semua koneksi sebelum keluar rumah. 
  6. Matikan Aplikasi | Meski Anda sedang tidak menggunakan aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut tetap berjalan sehingga menghabiskan baterai. Matikan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Untuk iPhone tekan tombol menu sebanyak dua kali, pilih ikon program dan klik tombol minus. Untuk smartphone Android, Anda bahkan bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai. Matikanlah yang tidak diperlukan. 
  7. Jangan Download Gambar | ketika sedang browsing dan menggunakan email merupakan hal yang banyak dilakukan orang tanpa berpikir. Setiap Anda mengunduh gambar, Anda juga akan menggunakan banyak daya. 
  8. Matikan Flash | Ketika mengambil foto dengan smartphone Anda, gunakan lampu kilat dengan bijak. Pada kamera digital, lampu kilat sangat boros baterai, dan hal yang sama berlaku pada ponsel Anda, jadi daripada menggunakan mode otomatis, matikan lampu kilat saat berfoto dan gunakan seperlunya. 
  9. Matikan Telephone | di malam hari Malam hari adalah waktu sebagian orang mengisi ulang baterei smartphone mereka. Jika baterai Anda masih penuh, matikan telepon Anda. 
  10. Mode Pesawat Terbang Smartphone | akan selalu berusaha terhubung ke sebuah jaringan, entah itu jaringan seluler, Wi-Fi, atau jaringan data. Semakin keras usahanya untuk terhubung ke sebuah jaringan, semakin besar baterai yang terkuras. Ketika sinyal buruk lebih baik gunakan mode pesawat terbang, hal itu akan menghentikan ponsel mencari sinyal dan menghemat baterai yang tersisa. (www.metronews.com)
Semoga Bermanfaat...!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 10/19/2012 04:05:00 PM and have 7 komentar

7 komentar:

  1. bagus artikelnya sob.........

    #salam blogger..

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus sekali sob, aku suka

    #Salam sejahtera..

    BalasHapus
  3. mantap gan tipsnya, ane mau terapin ah biar baterai hp ane hemat :)

    BalasHapus
  4. blognya bagus, rapi, sip lsh, salam blogger :D

    BalasHapus
  5. Izin nyimak Sobb..


    Sukses Untuk Anda...

    Jgn Lupa Mampir..

    http://anasz-blogs.blogspot.com

    BalasHapus
  6. tengah malam mampir, semoga anda sekeluarga selalu sehat, blognya semakin hebat, tulisan yang no.10 itu sering aku gunakan (jadi benar saja bateraiku sering cepat habis)

    BalasHapus

= Please Kawan, Jangan OOT Komentarnya.
= Mohon Jangan Semat Link Url Atau Sejenis Nya.
= Follow Me | FollBack